Home        Berita        Nasional,Ogan Ilir

Yulian Gunhar Bakal Bangun IPAL di OI

http://oganilirterkini.com 28 February 2019 @09:59
Yulian Gunhar Bakal Bangun IPAL di OI

INDRALAYA SP - Berkat upaya dan perjuangan salah seorang anggota DPR RI Komisi VII Dapil Sumsel 2 dari Fraksi PDI Perjuangan, H Yulian Gunhar SH MH yang bekerjasama langsung dengan pihak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutan (KLHK) RI,  pada tahun ini akan melaksanakan Pembangunan sebanyak 7 unit Instalansi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Ternak  (Digester) Kabupaten Ogan Ilir (OI). Hal itu terungkap saat Kunjungan Kerja H Yulian Gunhar  di Desa Permata Baru Kecamatan Indralaya Utara OI, Kemarin.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan Dirjen KLHK RI Widodo, Kepala Dinas Perikanan OI Tarmuji, perwakilan Dinas Lingkungan Hidup OI Wahyuni, Camat Indralaya Utara Benhur S, Kades Permata Baru, Tanjung Baru, Meranjat satu, serta ratusan masyarakat OI.

Menurut Widodo perwakilan Dirjen KLHK RI, program bantuan pembangunan dari pemerintah pusat ini murni bekerjasama dengan H Yulian Gunhar dari Komisi VII DPR RI, dengan anggaran mencapai sekitar Rp 700 juta lebih.

“Sebanyak 7 unit Digester Ternak akan dibangun di 6 titik Desa yang tersebar dalam Kabupaten OI dengan rincian ukuran Digester 12 meter kubik satu unit, 15 Meter kubik 4 unit, dan 30 Meter kubik 2 unit, dan saat ini masih dalam proses pelelangan pekerjaan,” ujarnya.

Ia menambahkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Dr Siti Nurbaya menitipkan pesan kepada masyarakat OI agar nantinya apabila sudah dibangun Digester Ternak agar mengoptimalkan pengoperasiannya dan merawat IPAL  tersebut, dan masyarakat harus rela menghibahkan lahannya sebagai lokasi pembangunan IPAL.

“Penerima manfaat tidak dipungut biaya apapun, dalam pengelolaan dan perawatannya akan didampingi pihak kontraktor sehingga masyarakat dapat merasakan fungsi dan manfaatnya secara optimal,” jelasnya.

Sementara itu H Yulian Gunhar dalam sambutannya mengatakan, secara langsung hasil IPAL ternak akan menghasilkan Kompor biogas dari hasil pengolahan Biodigester kotoran sapi, sedangkan ampas atau cairannya dapat digunakan sebagai pupuk tanaman.

“Hasil Digester ternak yang akan dibangun ini, sangat bermanfaat sekali digunakan para peternak bersama keluarga untuk memasak keperluan sehari-hari tanpa mengeluarkan biaya. Tak hanya itu, warga sekitar juga bisa merasakan pemanfaatan gas tersebut,”ungkapnya.

Langkah ini sebagai perjuangan H Yulian Gunhar  sebagai wakil rakyat Dapil Sumsel 2 salah satunya Kabupaten Ogan Ilir untuk terus membantu masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahtreraan dan potensi yang dapat terus digali.

“Upaya yang saya lakukan ini merupakan komitmen saya dalam membangun Dapil Sumsel 2 lebih maju dan sejahtera,” ujarnya.(h2y)

Komentar Anda

Jasa Web palembang
Top